Now Playing: MechWarrior Online

Setelah beberapa lama menunggu beta invitationnya, akhirnya gua dapet email untuk mengikuti closed beta test MechWarrior Online. Mungkin udah ada yang pernah denger atau main game 'MechWarrior'? Yup, ini adalah versi online dari game tersebut. 1 dekade lebih setelah versi terakhirnya rilis (MechWarrior 4), kali ini Piranha Games bekerjasama dengan Jordan Weisman, founder dari proyek MechWarrior untuk membuat game ini.

Gua bukan fan MechWarrior sejak dulu. Gua cuman pernah denger aja, jadi gua bener-bener awam tentang istilah-istilah yang digunakan di MWO. Game ini bertipe FPS, namun kita akan mengendalikan sebuah mech, robot humanoid berskala besar, dengan kontrol seperti tank di seri Battlefield. Dan kerennya, kita bakal ngendaliin mech ini dari sudut pandang kokpit, yang membuat MWO ini seperti sebuah simulator robot perang.



Mech di MWO dibagi dalam 4 kategori - light, medium, heavy dan assault class. Sesuai namanya, tipe light adalah mech yang terkecil, dengan armor tipis dan senjata laser standar. Namun kecepatan dan kelincahannya membuat tipe light dapat leluasa mengitari area perang. Sedangkan tipe assault dapat mengangkut senjata yang lebih berat serta mempunyai armor yang tebal, namun pergerakannya sangat lambat.

Tiap mech punya kapasitas payload yang berbeda-beda. Mech kepunyaan kita dapat kita customize  sesuka hati, asalkan tidak melebihi kapasitas maksimum. Kapasitas armor mech kita juga dihitung sebagai berat, jadi kita dapat mengurangi armor kita untuk dapat menambah kapasitas senjata/part lain, atau sebaliknya. Itu bakal bikin kita mikir, harus diapain mech ini supaya cocok sama tuntutan peran dari tipe mech kita, serta gaya bermain kita.


Satu lagi, kita juga gak bisa nembak senjata sesuka hati. Ada cooldown tertentu untuk tiap senjata, lalu ada juga heat. Setiap kita menembak, senjata kita akan mengeluarkan panas, dan tiap mech punya kapasitas menahan panasnya masing-masing. Ketika overheat, mech kita akan shutdown dan tidak dapat bergerak untuk beberapa detik. Rada pusing juga ya? Tapi kita juga bisa mengatur heat management ini dengan menambah part heatsink yang ada di mech kita, yang juga bergantung pada kapasitas payload mech kita.
Jadi ya mesti tambah mikir lagi: mau senjata bagus dan armor tebel, tapi cepet panas, atau dibolak-balik?

Gua baru main MWO beberapa hari terakhir ini, jadi cuman bisa kasih info seadanya. Mungkin juga ada beberapa hal di atas yang masih ada salahnya, tapi kira-kira seperti itu sih gambaran mengenai mekanisme dari game ini. Overall, gua cukup suka dengan tipe permainan yang MWO tawarkan, sambil nunggu Hawken rilis. (dan kayaknya kedua game ini bakal saling bersaing memperebutkan massa.)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.